Selasa, 05 Januari 2021

# Buku

Let's Read : Menanamkan Hal Baik Dengan Membaca

Jadi ceritanya ada hal yang baru-baru ini saya sadari. Anak saya kalau diajak ke toko mainan, dia selalu mudah kepincut sama boneka. Kekhawatiran pun sempat terlintas di benak saya. Namun kemudian, saya menyadari bahwa yang membuat jagoan kecil saya selalu tertarik dengan boneka-boneka di toko mainan adalah karakternya, bukan mainannya. 


Sama seperti hal nya ketika dia meminta saya menggambar atau bertanya tentang banyak hal. Kalau saya menggambar kodok, maka dia akan menyebutnya kodok Joke. Ketika saya membicarakan kucing, dia menyebutnya kucing Poki. Pun ketika dia ingin sarapan dan saya menanyakan apa yang ingin dia makan, dia jawab “Atid sama semut mau makan roti.”


Eh kok makannya sama semut? Begitu kira-kira keheranan yang akan terdengar kalau yang mendengar kalimat ini adalah Tante, Om, atau Eyang-Eyang nya anak. Tetapi, tidak dengan saya. Saya mengerti maksudnya.


Sekitar 3-4 bulan belakangan ini, dengan maksud menghindarkan penggunaan gawai yang belum semestinya, saya selalu pakai tameng aplikasi hebat satu ini. Jadi, kalau sampai anak ingin sekali pegang atau main HP, saya selalu menawarinya membuka aplikasi ini lebih dulu. Aplikasi Let’s Read Indonesia.



Aplikasi ini berisi banyak buku bacaan anak dengan berbagai tingkat kesulitan membaca. Tidak ada biaya sedikit pun yang dikenakan jika ingin membaca semua buku yang ada di sini. Ceritanya beragam, gambarnya juga menarik. Ketika pertama kali membuka aplikasi Let’s Read Indonesia ini, seperti sedang berjalan di galeri seni. Gambar-gambar berjajar memikat anak untuk menerka-nerka buku cerita mana yang paling menyenangkan untuk ia baca.



Saya sepakat bahwa mengenalkan buku kepada anak dimulai dari sedini mungkin. Jadi, usaha yang kerap kali saya lakukan adalah menyesuaikan tidak hanya bahan bacaannya, tetapi juga pesan terkandung, pengunaan kata-kata, gambar, dan pembentukan kalimat-kalimat yang cocok dengan tumbuh kembang buah hati.


Kok ribet amat sih? Sekarang gini aja deh, kalau kita sedang memberi nasihat ke anak, apakah semua nasihat itu lantas dipenuhi oleh anak? Apa semua nasihat itu dimengerti oleh anak? Saya percaya kalimat ‘one at a time’. Maksudnya, mana sekiranya pesan atau nasihat sederhana yang bisa dimengerti dengan mudah oleh anak, maka itulah yang ditanamkan lebih dulu. Satu per satu, terus menerus, sesuai perkembangan usia, tumbuh kembang, dan kemampuan bahasa anak.


Senangnya, di aplikasi Let’s Read Indonesia ini, saya sebagai orangtua tidak akan dihadapkan pada kesulitan itu. Selain disediakan keterangan label genre, tingkat kesulitan membaca, dan ringkasan singkat cerita, seluruh buku cerita pada aplikasi ini adalah buku cerita bergambar. 




Ya, teruusss?


Saya percaya, gambar pada buku bacaan anak memegang peran penting. Peran tersebut tidak hanya dalam menggugah minat baca tetapi juga memahami cerita dan pesan lebih dalam yang terkandung di dalamnya. Hal ini tentu akan membantu saya menanamkan hal-hal baik dengan lebih mudah berdasar pada cerita-cerita yang disuguhkan.


Berdasarkan pengalaman pribadi dan sedikit teori tentang pentingnya gambar dalam buku bacaan anak, kira-kira begini rangkuman yang bisa saya suguhkan. Gambar dalam buku bacaan anak memiliki setidaknya lima peran, yaitu :

1.  menjadi awal yang mendorong minat baca anak

Warna yang digunakan pada ilustrasi dalam buku bergambar menarik perhatian anak untuk lebih dalam menyelami cerita. Ilustrasi yang baik biasanya menagandung detail-detail lain seperti ekpresi wajah, bentuk, pakaian, dan lain sebagainya yang mampu memikat anak untuk bersedia mengisi rasa ingin tahunya.

2.  memudahkan anak memahami cerita

Dalam membaca, hal utama bagi anak adalah memecahkan makna kata dan cerita. Buku dengan gambar akan memudahkan mereka memahami dan mengidentifikasi benda, karakter, situasi, dan masalah yang mereka temui dalam cerita.

3.  membantu meningkatkan kemampuan kognitif

Buku bergambar mengandung ilustrasi yang dapat menjadi alat yang baik untuk mengembangkan keterampilan analitis dan interpretatif anak. Hal ini akan melibatkan kemampuan otak untuk berpikir, mengingat, memecahkan masalah dan mengambil keputusan.

4.  mengasah kreatifitas dan kemampuan berempati

Buku bergambar yang baik juga memuat ilustrasi dan teks yang bekerja sama menciptakan makna. Sehingga cerita yang mengandalkan gambar dalam melengkapi narasi, akan mendorong keterlibatan aktif anak untuk berkontribusi pada gambaran visual imajinatif yang dapat terhubung dengan kemampuan merasakan situasi cerita.

5.  melatih anak untuk berani mengemukakan ide

Waktu yang dihabiskan anak untuk memusatkan perhatian pada gambar dapat digunakan sebagai alat untuk membuat mereka mampu membayangkan dan menghidupkan kembali cerita dalam benak mereka. Hal itu mendorong semangat anak untuk menceritakan ide atas interpretasi mereka.


Saya sendiri kaget sekaligus kagum ketika anak sering sekali membahas bunga matahari karena dia baru saya bacakan buku Kebun Di Atap yang ada pada aplikasi Let’s Read Indonesia. Bahkan, dia mampu menjelaskan seperti apa rupa bunga matahari. Anak saya bilang, bunga matahari warnanya kuning, daunnya hijau, dan ada mata di tengahnya (yang terakhir ini sedikit bercampur dengan imajiasi anak ya). Tapi, bukan kah ini nampak sederhana? Percaya deh, jika anak tidak mampu memahami bacaannya, hal sederhana ini tidak akan nyangkut di kepala anak.



Pada akhirnya, yang ingin saya sampaikan adalah melalui Let’s Read Indonesia, anak saya mampu memahami banyak hal menarik. Ia pun mampu menangkap pesan penulis dengan baik. Setiap karakter tertancap dengan jelas. Anak memiliki penggambaran hewan-hewan, bunga, dan karakter tokoh dengan bagus dan mudah untuk ia jelaskan kembali kepada orang lain.


Jadi, buat ibu-ibu yang ingin mengenalkan literasi pada anak sedini mungkin dan, atau, ingin anaknya lebih sering baca, tetapi terlalu berat mengeluarkan uang untuk membeli buku (apalagi di masa pandemi seperti ini), yuk mari unduh aplikasinya dan bacakan lah untuk anak-anak tercinta. Jangan lupa berbagi. Hal baik dan gratis seperti ini, selain belum tentu diketahui yang lain, juga bisa jadi sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

3 komentar:

  1. Iya membaca buku dongeng menambah imajinasi dan kreativitas anak ya

    BalasHapus
  2. Throw away one of many 9s, and the remaining cards provide you with a chance at a straight with both an eight or a king, and you even have a chance at both a pair of jacks or a pair of queens. Learn which mathematical strategies could assist your gameplay and method to|tips on how to} put them into follow with this in-depth video poker technique information. On the opposite hand, tournaments will start at onerous and fast|a set} time – usually when the allotted variety of gamers are within the foyer. Players that lose all their chips whereas playing in} might be ‘knocked out’ one after the other till 코인카지노 there’s just the winner remaining.

    BalasHapus

Push Notification