1 Month Netflix Free Trial

22.30 Amalia Fw 0 Comments

Entah kenapa tiba-tiba saya penasaran sama Netflix. Lantas buru-buru buka App Store di Ipad dan mengunduhnya. Selesai diunduh segera saya buka dan langsung diberikan penawan 1 bulan percobaan gratis. Pikir saya sih lumayan juga gratis satu bulan. Lumayan banyak tontonan kalau lagi bosen sama acara di televisi.

Tawaran 1 bulan percobaan gratis ini langsung disusul opsi jika telah melewati satu bulan paket apa yang hendak diambil untuk berlangganan Netflix. Paket yang ditawarkan bukan berdasarkan banyaknya tayangan melainkan banyaknya screen (dalam kata lain device) yang akan digunakan. Opsi ini tidak bisa diskip jadi mau tidak mau harus saya pilih untuk menikmati tawaran 1 bulan percobaan gratis. Saya pun memilih paket 1 screen. Yang setelah beberapa hari kemudian saya sesekali, karena ketika saya tidak membawa ipad saya dan ingin menonton pada layar laptop, saya harus melalui beberapa langkah perpindahan screen lebih dulu yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Ujung-ujungnya saya tidak jadi menonton Netflix di laptop, karena akan sangat menyulitkan saya lagi jika nanti saya ingin menontonnya di ipad yang notabene lebih mudah dibawa kemana-mana.
Setelah proses pendaftaran selesai. Saya buru-buru mencari serial kesukaan saya. NCIS dan Blue Blood. Sayangnya keduanya tidak tersedia di Netflix. Sempat terpikir, mungkin karena masih dalam masa percobaan sehingga tidak semua totontonan dapat dinikmati. Tapi nyatanya tidak begitu. Saya ceritakan lebih lanjut nanti.

Ketika kita mencari serial atau film yang tidak tersedia, maka Netflix akan memberikan rekomendasi serial/film dengan genre sejenis. Bagusnya adalah beberapa serial di Netflix memang bagus dan menarik buat saya. Saya pun mengenal banyak serial baru (yang sebenarnya tidak baru, baru saya tonton aja).

Beberapa serial dan film di Netflix memang bagus menarik tapi ibarat rental dvd, koleksi mereka sangat terbatas. Menurut saya, jangankan dibandingkan dengan film-film yang dijual di Google Film, dibandingkan dengan koleksi film saya dan suami pun Netflix masih kalah jumlah dan kurang update. Dan lagi-lagi saya berpikir it's because you've got free trial. Atau mungkin bisa juga karena saya dan suami yang gila nonton sehingga koleksi tontonan kami pun bisa mengalahkan Netflix.

Sekitar tiga hari sebelum masa percobaan habis, Netflix mengirimkan email kepada saya yang kurang lebih mengingatkan di tanggal sekian pukul sekian masa free trial saya habis dan akan otomatis terdaftar sebagai pelanggan berbayar dan ditagihkan sejumlah biaya yang telah diberitahu di awal saat pemilihan paket. Jika saya merasa tidak ingin melanjutkan sehingga tidak tertagih sejumlah uang pada tagihan kartu kredit saya nantinya, Netflix menyarankan untuk segera mengubah settingan Netflix pada Itunes. Karena saat menerima email tersebut, saya tengah repot di jalan hendak keluar kota, saya pun menunda mengubah settingan Netflix untuk tidak berlangganan secara otomatis.

Penundaan itu berbuntut panjang. Yap, saya lupa mengubah settingan Netflix sampai dengan batas waktu yang telah diberi tahu sebelumnya. Sehingga secara otomatis saya terdaftar sebagai pelaggan berbayar dan tertagih sejumlah biaya pada kartu kredit saya. Awalnya sedikit menyesal sudah menunda hingga akhirnya lupa. Tapi akhirnya saya biarkan saja dan justru penasaran, apakah setelah menjadi pelanggan berbayar Netflix akan menyediakan lebih banyak serial atau film untuk saya tonton.

Saya pun segera mencari kembali serial favorit saya. Ya, NCIS dan Blue Blood. Not Found. Saya film lain yang masih tergolong baru, seperti The Walk. Not Found. Okey, saya mencari film yang tayang 2 atau 3 tahun belakangan. Not Found. Asumsi saya tentang free trial menyediakan tayangan terbatas pun terbantahkan. Ketika saya sudah menjadi pelanggan berbayar pun tayangan Netflix tidak cukup bayak dan tidak cukup update buat saya. Untungnya beberapa serial sedikit melegakan. Saya pun bertekad untuk tidak lagi berlangganan di bulan berikutnya. Semoga saya tidak kembali lupa untuk menghentikan langganan tiga hari sebelum akhir bulan. Sebenarnya, bisa saja saya hentikan sekarang tetapi sayang sekali biaya yang sudah tertagih jika saya tidak menikmati sebisa dan sepuasnya. 

Well, meskipun begitu, Netflix terkadang memberikan sedikit update serial atau film yang baru saja mereka release. So, keep enjoy and don't expect to much. :)

0 komentar: