Same Color Different Result : L'oreal, Maybelline, Purbasari Matte Lipstick

23.58 Amalia Fw 0 Comments



Sebenarnya saya sudah sempat menyatakan menyerah mengikuti tren yang ada. Entah racun darimana, tertular lah kembali virus "matte attack" Kali ini virusnya virus lokal yang made in Bogor. Yap, Purbasari Matte Lipstick.
Ini bermula dari salah seorang teman yang ngajakin saya jalan ke mall pas jam makan siang. And somehow, dia nanya-nanya stock Purbasari Matte Lipstick ke mbak-mbak sales di beberapa toko. Penasaran dong, tanya lah saya, emang segitu bagusnya ya? Dan dia jawab penuh semangat, ngejelasin liptik merk lokal itu.

Oleh karena yang dicari gak dapet, pulang dari ngemall, saya langsung searching di internet, cari olshop yang jual lipstick tsb. Dan ketemu. Sayangnya, bukan nomor 81 atau 90 yang nampaknya jadi andalan dan favorit. 

Besoknya, kawan saya itu ngajakin ngemall lagi pas makan siang. Karena kami sudah pesan Purbasari Matte Lipstick dari olshop (tapi belum dateng dan bukan nomor 81 atau 90), kali ini kami ngemall gak ada tujuan khusus selain buat survey harga tas karena si temen saya itu lagi kepengen tas baru. Nah dari situlah racun semakin menjadi. Biasa lah ya..departemen store selalu dimulai dengan konter kosmetik. Teman langsung nyangkut di konternya Maybeline Newyork. Dan dia tanya, "matte lipstiknya Maybelline yang liquid udah ada belum ya mbak?" Bah, apa pulak itu! Si mbak seles jawab, "ada mbak." Racun shophaholic pun mulai kuat menjangkiti saya.

Dimulai dari liat-liat varian warnanya sampe dengan nyobain satu per satu varian warna yang menurut kami cocok di bibir masing-masing. Saya pun merasa tergoda dengan varian warna nomor 12. Sayangnya, gak ada stock. Terkadang Tuhan tak hanya menyelamatkan keuangan hambaNya tapi juga mencegah dari kemudharatan menghambur hamburkan uang dengan meniadakan stock. Eits...tapi jangan salah. Setan dimana-mana. Jika manusia lemah, meski sudah diberi pertanda, akan tetap dilawan. Si mbak seles tiba-tiba ngomong, "mbak suka warna yang itu ya? Di L'oreal kita ada warna yang seperti itu juga, matte juga kok." Dan si mbaknya ngomong sembari ngambilin testernya. Dan kami pun mencobanya. Dan kami pun tergoda. Dan kami pun dilema. Dan kami pun gak berdaya dan menyerah. Dan...dan...dan... dan akhirnya beli juga! *gubrak

Pulang kantor saya mampir ke mall lagi, karena udah janjian sama suami mau nonton Batman vs Superman di bioskop. Film mulai sekitar satu setengah jam lagi. Saya pun sempat berkeliling sebelum akhirnya memutuskan makan malam. Saya sempat juga mampir ke Guardian untuk beli beberapa vitamin. Tapi yang pertama kali saya liat bukannya vitamin, tapi Maybelline Vivid Matte No. 12 yang saya suka tapi gak jadi beli dan akhirnya diganti L'oreal karena gak ada stock. So damn! Itu nomor cuma da 1 pc pulak disana. Saya mau jalan terus rasanya ada yang manggil manggil minta diambil. Dan ya, seperti yang sudah bisa ditebak, saya ambil juga deh. Pas mau bayar di kasir eh ada setoples lipstik matte Purbasari juga di sana. Dan ada yang no 81 nya! Aje gile, ini setan sengaja banget ya nyodorin beginian untuk menguji keimanan. Tapi gak tahan cuy. Mana nomor 81 udah tinggal 3 pcs. Saya beli lah juga si Purbasari Matte Lipstick no 81 itu. 

Keluar dari Guardian saya cepet-cepet jadi gosipper, kasih tau temen saya kalo Purbasari Matte Lipstisk no 81 ada di toko itu. Dan hasilnya, saya harus segera balik lagi kesana karena temen saya nitip beliin 2. Dan begini lah penampakan ketiga lipstik itu.




1. L'oreal


Sebenarnya ketiga merk lipstik ini sengaja saya pilih dengan varian warna yang sama atau hampir sama. Tapi ternyata, setelah saya aplikasikan di bibir saya, they look different. Teksturnya pun beda.



Setelah saya search varian matte dari L'oreal ini disebut L’Extraordinaire Matte. Teksturnya padat tapi agak creamy dan gak terasa kering di bibir. Liquid lipstik yang satu ini menurut saya sih daya tahannya biasa saja. Gak kuat lama tapi juga gak gampang ilang. Kalau setelah makan minum kita gak mengusapnya dengan tisu, lipstik ini tahan sekitar 4 jam. Dan kalo gak makan minum, mungkin bisa lebih lama. Sayangnya, lipstik ini masih suka sedikit membekas di gelas atau sendok. Untuk harganya yang saya rasa cukup mahal yakni Rp 165.000 saya rasa, lipstik ini gak punya kelebihan khusus yang bisa dibangga-bangga kan. Dan kalau boleh saya bandingkan ketahanannya, lipstik ini mirip dengan NYX Liquid Soft Matte yang mana harganya jauh lebih murah. 


Oya lipstick matte dari L'oreal yang saya beli ini
varian nomor 102 (Samarataine Beige)






2. Maybelline Newyork




Lipstik liquid dari Maybelline Newyork ini disebut Maybelline Newyork Vivid Matte. Ada 12 varian warna yang bisa kita coba. Tapi karena saya suka yang kalem dan natural, jadi saya merasa jatuh cinta dengan varian no 12 nya. Dan beginilah penampakannya. Look so natural on me!



Liquid matte lipstick maybelline yang satu ini sudah mencuri hari saya. I love it so much. Look so natural but keep charming. Tapi sayangnya, gak jauh beda dengan L’Extraordinaire Matte nya L'oreal. Lipstik ini masih suka membekas di gelas atau sendok saat kita makan minum. Lipstik ini tekturnya tidak sepadat L’Extraordinaire Matte dan sama-sama tidak terasa di kering di bibir. Ketahanannya juga gak jauh beda. Tapi secara harga, Maybelline lebih murah. Lipstik ini bisa dibeli dengan harga Rp 95.000.





3. Purbasari Matte Lipstik





Purbasari matte lipstik ternyata udah banyak diulas dan dipuja puji sama bloggers. And I know why, now. This lipstick is cheap and have a great quality. Buat harganya yang terbilang murah, cuma sekitar Rp 30.000 sampai dengan Rp 36.000 lipstik ini memang bisa diandalkan. Dari ketiga lipstik yang saya ulas di sini, cuma Purbasari yang paling sedikit membekas di gelas atau sendok. Teksturnya yang padat juga ternyata gak biking bibir terasa kering. Dan yang lebih hebat lagi, pakai lipstik lokal yang satu ini bisa tahan hampir seharian. Atau setidaknya 8 jam saya bekerja, i don't need any retouch. Kalau kita makan banyak pun lalu mengusapnya dengan tisu, lipstik ini gak serta merta hilang gitu aja. It still there. Ya memudar tapi gak hilang blas. You still have lipstick on your lips.


*Purbasari Matte Lipstick No.81


Dan walaupun saya juga memilih varian warna yang hampir mirip, atau malah mungkin sama persis dari tiga merek yang berbeda, but they look exactly different.




0 komentar: