Samyang Challenge!

01.05 Amalia Fw 0 Comments



Ceritanya lagi ngubek-ngubekin youtube eh nemu vlog-vlog orang yang bikin Samyang Challenge. Apaan tuh? Itu dia yang bikin saya penasaran. Saking penasarannya, tiap pergi ke supermarket saya cari itu samyang. Tapi gak nemu. :(

Demi merasakan mie yang kayaknya nikmat itu, saya pun browsing di internet. Di Tokopedia banyak banget yang jual mie ini. Ada yang murah, ada juga yang dijual mahal. Saya beli 2pcs aja, pilih seller nya pun yang udah ada lambang gold dan lokasinya di Jakarta. Pertama supaya tenang karena beli di seller yang terpercaya, kedua supaya ongkirnya gak kemahalan.

Setelah kurang lebih 3 hari dinati-nati, paket akhirnya datang. Si mie yang katanya dari Korea Selatan itu dari packagingnya udah menarik hati buat cepet-cepet masak. Gambar mie yang merah, bikin saya tambah gairah. I bet this will be spicy!

Bumbu mie ini gak kayak mie asal indonesia yang biasanya terdiri dari tiga macem, yaitu bumbu asin, pedas, dan minyak. Mie samyang cuma ada 1 bumbu dan penampakannya kayaknya sambel goreng yang super lembut. 

Masak mie ini gak kayak mie Indonesia yang rata-rata gak lebih dari 3 menit. Mie Samyang direbus sedikit lama kalau ingin benar-benar matang. Dan dugaan saya pun betul, mie samyang pedes banget! Kalau dianalogikan hampir kayak indomie pakai bon cabe level 10. Buat yang suka pedes kayak saya sih, yang begini masuk pedas level standar. Tapi yang gak bisa makan pedas, duh jangan coba-coba deh. :D

Setelah sempat masak mie samyang beberapa kali, saya baru ngeh kalau ternyata kehalalan mie ini masih diragukan. Masa sih? Duh udah kadung makan gimana dong..??? 

Berdasarkan hasil baca sana sini, saya menyimpulkan begini : mie samyang dijual dalam dua versi. Pertama yang berlogo halal karena telah mendapatkan sertifikat halal dari Korean Muslim Federation (KMF), dan ada juga yang dijual tanpa logo tersebut. Mie samyang yang berlogo halal ya sudah dipastikan halal, sementara yang tidak, dimungkinkan adanya kontaminasi penggunaan daging babi di sana. 



Samyang tanpa logo Halal

Samyang dengan logo Halal

Masalah berikutnya yang timbul setelah saya baca mengenai halal atau tidaknya mie samyang ini adalah, saya lupa ngecek bungkus mie samyang yang udah dalem perut itu ada logo halalnya apa gak. :P Semoga Allah SWT mengampuni saya atas kelalaian saya ini. Aamiin. Jadi buat yang pengen cobain mie ini, cek dulu ya mie samyang yang kamu beli berlogo halal atau tidak. Ingat ya, logo halal yang harus dicek, bukan BPOM. BPOM hanya menunjukan makanan tidak membahayakan untuk dikonsumsi bukan menunjukan kehalalan atau tidaknya.

0 komentar: