Semur Daging dan Beef Meat Balls & Onion Rings With Mayo

19.01 Amalia Fw 0 Comments

Halo hai...
Sabtu kemarin ada titah dari kepala kerajaan bahwa daging sapi di kulkas harus segera dihabiskan. Oke Saya ambil dari freezer, cukup banyak kalau untuk dua negara, saya jadi bingung mau dibuat apa.

Berdasarkan saran dari Farah Quinn dari twitternya, saya pun melunakan daging sapi yang beku dengan mengairinya dalam plastik. Supaya teksturnya tidak rusak katanya. Lumayan butuh waktu lama, saya sembari nonton film Diana di HBO saja.


Saya baru tau loh kalau Lady Diana semasa hidupnya sempat menjalin asmara dengan seorang Muslim, sampai-sampai beliau mengunjungi kediaman pasangannya untuk mendekatkan diri dengan Ibunda pasangannya. Setidaknya begitulah yang disecritakan dalam film Diana tsb. sekarang kembali ke masak memasak.

Daging-daging sudah lunak, saya siapkan talenan, pisau dan tempat utuk menaruh daging. Saya potong-potong daging kecil-kecil berbentuk dadu tau potong panjang. Gak konsisten ya? haha, biarin, yang penting 1 hal, jagan terlalu tebal memotong supaya cepat matang dan matang merata.

karena suami sudah kelaparan, saya selaku ibu negara yang baik melayani suami memutuskan untuk memasak sebagian daging dengan tepung. Saya tambahkan bawang bombay potong lingkar sedikit untuk dimasak jadi onion ring. 

Bahan dan cara pembuatan Beef Meat Balls dengan sedikit Onion Rings itu sederhana dan mudah banget. Nih ya, catet.
Bahan :
1. daging sapi potong dadu tipis
2. bawang bombay potong lingkar tipis
3. tepung bumbu

cara memasak :
a. masukan sedikit air ke dalam tepung bumbu sampai mengental
b. masukan daging yang sudah dipotong dadu & bawang bombay yang sudah dipotong lingkar tipis dalam tepung yang telah mengental, aduk-aduk.
c. goreng daging & bawang bombay yang telah ditepungi dalam minyak yang sudah panas. Masak sampai berwarna kecoklatan

notes:
Goreng lah dengan minyak yang cukup untuk merendam daging yang dimasak, agar matang sempurna bagian atas dan bawahnya. Nikmati dengan mayonaise.

Here They Are....Beef Meat Balss & Onion Rings with Mayo




Oke, hari makin siang, cemilan ga cukup bikin kenyang perut, jadi saya harus segera menyelesaikan daging sisanya untuk dijadikan lauk makan siang. Niatnya mau ditumis eh lah kok jadinya malah kayak semur, hehe. Tapi enak loh, serius enaak, suami pun suka *duhbahagiaaanyaaa :)

Begi nih bahan & cara saya memasaknya.
Bahan :
1. daging potong dadu
2. bawang bombay cincang halus
3. bawang putih cincang halus
4. bawang merah cingcang halus
5. pala halus
6. lengkuas halus
7. jahe halus
8. mericas halus
9. cabai bubuk
10. kecap manis
11. kecap asin
12. kecap inggris
13. garam
14. gula

Cara memasak :
a. tumis bawang bombay, bawang putih, & bawang merah yang sudah dicincang halus dengan sedikit saja minya goreng
b. saat wangi bawangnya sudah keluar, masukan daging, pala halus, lengkuas halus, jahe halus, merica halus, sedikit cabai bubuk, sedikit sekali kecap asin, seperempat sendok tes kecap inggris, empat-sampai dengan lima sendok makan kecap manis, sedikit garam dan gula.
c. tuangkan air matang secukupnya, aduk-aduk
d. masak dengan api sedang, biarkan sampai air meresap.
e. angkat saat air sudah meresap semua dalam daging dan daging sudah berwarna coklat kehitaman

notes:
Untuk seberapa banyak bahan-bahan seperti kecap asin, bawang, garam, gula, pala, cengkeh, lengkuas, cabai, & air yang harus digunakan, dikira-kira sendiri aja ya guys... Saya bingung kasih takarannya :)) Yang perlu diingat adalah, jangan terlalu banyak kecap inggrisnya, karena dari sekian banyak percobaan saya yang gagal akhirnya saya tahu bahwa kecap inggris sangat menonjol sekali rasanya. Kalau kebanyakan sedikit saja nuang kecap inggris, dia akan banyak menguasai rasa masakan, dan rasa yang keluar dari bumbu yang lainnya jadi tidak terasa.

Begini nih penampakannya...


Jadi seperti semur kan?? Semur kering tanpa kuah bumbu karena saya angkat saat air sudah habis tidak bersisa. Kalau kamu lebih suka disisakan sedikit kuah bumbunya, angkat lah sebelum air meresap habis dalam daging, tapi ingat ya, angkat kalau sudah mengental supaya lebih lezat.

Ada yang mau coba??? Dicoba dong..dicoba ya... saya tidak menyesatkan kok..kali ini benar-benar sukses besar loh. :)




0 komentar: