Storial Writing Workshop

17.00 Amalia Fw 0 Comments



Belakangan ini saya memang sedang giat cari event yang sekiranya saya banget. Sampai akhirnya diemailin storial.co tentang Writing Workshop yang bakal jadi event meet up  pertamanya storial.co
Apa sih storial.co? Storial.co adalah situs berbagi cerita baik puisi, cerpen, cerbung, maupun novel.

Melihat informasi tentang writing workshop ini saya langsung tertarik. Bukan hanya karena saya ingin bisa menulis tapi juga karena storial.co pernah bikin saya girang. Novel 'Imaji' yang belum sempat saya selesaikan dan baru saya tulis beberapa bab saja sempat masuk dalam pilihan editor tepat di hari ulang tahun saya. Ya walaupun hal ini akhirnya menimbulkan pertanyaan di benak saya. Apakah tulisan saya masuk dalam pilihan editor karena bedarsarkan database saya tengah berulang tahun ataukah memang tulisan saya segitu kerennya??? Untuk mempertahankan semangat saya menulis, saya memilih opsi kedua untuk saya yakini.
Singkat cerita saya pun mendaftar untuk mengikuti workshop tersebut. Saya juga mendaftarkan seorang teman untuk menemani saya di sana, untuk berjaga-jaga kalau-kalau saya terlampau malu untuk berkenalan. :))

Ada dua sesi utama dalam acara tersebut. Pertama adalah fun talk dan berikutnya adalah worksop penulisan itu sendiri. Selain Brilliant Yotenega, sejujurnya saya kurang mengenal narasumber sesi fun talk. Saya sempat berkenalan dengan mereka sebelum acara dimulai. Dan ketika mereka maju sebagai pembicara saya baru sadar mereka juga narasumber untuk sesi tersebut.

Brilliant Yotenega sering saya dengar namanya karena dia adalah Founder dan CEO nulisbuku.com Salah satu situs yang sering saya kunjungi juga. Dan lebih menjadi tidak asing karena saya pernah dimintai tolong seorang teman untuk membantunya mentransfer sejumlah uang kepada rekening atas nama Brilliant Yotenega karena teman saya itu membeli beberapa buku di salah satu toko buku online.

Sementara itu saya baru mengenal dua narasumber lain sesi fun talk saat mereka mengenalkan diri dalam acara tersebut. Handaru Sakti, salah satu member storial.co yang sangat produktif menghasilkan buku. Dan salah satu buku nya yang berjudul 'Oh' sempat menjadi pilihan editor dan masuk dalam popular book of the week selama beberapa pekan dan telah terbaca oleh 15000 orang. It's a WOW

Narasumber lainnya ada Anizabella Lesmana. Waktu doi bilang doi itu artis saya lantas kaget. Pertama karena saat berkenalan saya memang menyadari dia sangat cantik dan kedua, sama sekali tidak terlintas dalam benak saya mbak Bella ini ternyata artis. Mungkin karena saya jarang nonton TV kali ya?? :D Mbak Bella ini selain artis, ternyata dia hobi nulis juga di storial.co Konon katanya banyak juga yang menyukai tulisannya. dan novelnya di storial.co yang berjudul 'Colected Daydreams' sudah dibaca kurang lebih 1000orang.

Sesi fun talk ini sebagian besar membahas bagaimana awal mula para narasumber menyukai tulis menulis dan bagaimana memaintance semangat dan ide untuk menulis, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan pekerjaan rutin yang menyita banyak waktu.

Berlanjut dari fun talk, peserta workshop diarahkan untuk lebih serius lagi tetapi boleh tetap santai dengan menikmati hidangan. Kami masuk dalam sesi writing workshop. Narasumber untuk sesi pelatihan menulis adalah Ollie alias Aulia Halimatussadiah. Doi merupakan salah satu co-founder storial.co dan salah satu orginizer komunitas 'Hangout With Jakarta Book Club'. Si Mbak Ollie ini juga sudah menghasilkan banyak buku, salah satunya Je' Mappelle Lintang.

Sesi pelatihan ini menarik buat saya. Mbak Ollie menunjukan cara menemukan ide menulis dengan hal sederhana. Kami diminta melihat salah satu gambar yang sudah disediakan kemudian kami diminta menuliskan sekiranya apa yang sedang terjadi dalam gambar tersebut. Mbak Ollie juga mengajarkan peserta wokshop bagaimana membuat mind map untuk menulis. Pelatihan penulisan ini benar-benar menambahkan banyak ilmu baru buat saya. Tanpa sadar pun saya sudah membuat kerangka tulisan yang bisa dikembangkan menjadi novel. Pelatihan menulis ini benar-benar mengena buat saya yang sering buntu menemukan ide dan mengembangkan cerita.

Berbeda dengan saya, teman saya yang memang datang hanya karena menemani saya yang pemalu ini, sepanjang acara kalau tidak cekikan ya hanya bengong. Dia juga sempat berujar, "kalau sampe aku ditanyain aku pinjem kerangkamu ya." Kalimat dia ini tidak membuat saya kesal justru membuat saya merasa tidak enak sekaligus berterima kasih dan bersyukur. Sahabat saya dari SMA ini memang tak begitu menyukai tulis menulis, tapi dia bersedia menemani saya dan menenggelamkan diri dalam acara yang bisa jadi menurut dia membosankan. Padahal bisa saja dia memilih untuk tidur seharian di kosan-nya. Sempat saya merasa, oh my God So Sweet Banget Sih Kamyuuu.... 

My bestfriend and me during the meet up

Acara ini cukup banyak membantu saya untuk semakin menggebu-gebu dalam menulis. Semoga saja secepat mungkin saya dapat menghasil sebuah buku atau lebih dari sekedar satu buku. Saya pun jadi hectic setelahnya. Hectic menulis dan mencari-cari jikalau ada workshop penulisan serupa yang akan membantu saya lebih mengembangkan lagi keterampilan dalam bidang tulis menulis.





0 komentar: