Seorang Teman Pasti Berguna

23.27 Amalia Fw 0 Comments



Saya tidak sedang mengatakan bahwa harus ada yang kita manfaatkan dari seorang teman. Bukan. Itu beda.

Teman atau sahabat menurut saya merupakan salah satu bentuk pertalian hati. Ada kasih sayang disana. Seseorang yang bersahabat dengan seseorang lainnya itu artinya dia menyayangi sahabatnya. Sebagai seseorang yang menyayangi tentu lah kita ingin memberi yang terbaik kita bisa. Bukan melulu soal uang. Bisa dalam bentuk kehadiran, dukungan, atau pun doa.

Saya tidak sedang mengatakan bahwa berteman/bersahabat harus selalu seiya sekata. Bukan. Itulah gunanya teman/sahabat, saling mengingatkan, mendukung dengan cara yang berlainan..tujuannya supaya temannya/sahabatnya itu mendapat yang terbaik atas segala hal.


Tapi ada bedanya antara teman yang peduli dengan berbeda pendapat, dan, teman yang berbeda pendapat tapi sebenarnya tidak peduli. Mereka yang berbeda pendapat tetapi benar-benar peduli akan menghargai apapun keputusan kita, even, ternyata keputusan tersebut ujung-ujungnya bukan keputusan yang baik. Mereka tidak akan berkata "tuh kan apa gue bilang". Atau kalau pun mereka berkata demikian mereka tetap ada untuk kita, membantu kita memulihkan diri dari kesalahan membuat keputusan, bukan terus terusan menyalakan kita dengan alasan peduli.

Yang sungguh peduli itu bukan transaksional semata, bukan seiya sekata saja, bukan soal menang atau kalah, bukan tentang memasang mimik malas, enggan, dan menyebalkan tiap kali timbul perdebatan, bukan mereka yang menghibur dengan terus menyalahkan..bukan seperti itu.

Karena teman/sahabat sebenarnya hanya sebuah kata, dia hanya akan bermakna jika benar ada pertaliannya, jika benar ada kasih disana, jika sudah barang tentu pasti berguna dengan sendirinya.

0 komentar: